BREAKING NEWS

Friday 4 July 2014

BP Batam Pinjamkan Masjid ke Pemerintah Kota

Badan Pengusaan (BP) Batam Kawasan FTZ Batam meminjamkan Masjid Raya Batam kepada Pemerintah Kota Batam selama dua tahun untuk pelaksanaan MTQ Nasional XXV.

"BP akan meminjamkan Masjid Raya Batam kepada Pemko Batam selama dua tahun," kata Direktur PTSP dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Kamis (27/2/2014).

Dengan sistem pinjam-pakai itu, maka Pemkot Batam dapat menggunakan Masjid Raya Batam untuk keperluan apa pun selama waktu yang telah disepakati.

Sistem itu memungkinkan Pemko Batam untuk merenovasi atau memugar bagian yang dianggap perlu menggunakan dana APBD. Biaya operasional Masjid Raya Batam juga ditanggung Pemko Batam.

"Meskipun begitu, Masjid Raya Batam tetap aset BP Batam," kata Djoko.

Masjid Raya Batam tetap menjadi aset BP Batam meskipun biaya pemugaran dan perawatannya dilakukan Pemko Batam, kata dia menegaskan.

Menurut Djoko, proses pinjam-pakai lebih efektif ketimbang harus mengurus pengalihan aset Masjid Raya Batam dari BP Batam ke Pemko Batam.

"Kalau penyerahan aset membutuhkan waktu yang panjang," kata dia.

Mengenai perjanjian pinjam-pakai masjid, ia mengatakan, menunggu kesiapan dari pimpinan dua pejabat daerah, Kepala BP Batam dan Wali Kota Batam.

"Surat sudah siap, tergantung yang menandatangani saja, Kepala BP dan Wali Kota," kata dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam, Rudi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan dana Rp4 miliar untuk memugar Masjid Raya Batam untuk kepentingan MTQ Tingkat Nasional, 5-14 Juni 2014.

Namun, uang itu tidak bisa digunakan, karena Masjid Raya Batam adalah aset BP Batam.

"Pemugaran terkendala, karena Masjid Agung itu aset BP," kata Wakil Wali Kota.

Gubernur Kepri meminta BP Batam dan Pemko Batam memusyawarahkan kendala pemugaran Masjid Raya Batam itu agar tidak mengganggu kelancaran persiapan pelaksanaan MTQ.

Menurut Gubernur, jika proses pinjam-pakai sulit, maka sebaiknya Masjid Raya Batam dipugar menggunakan dana BP Batam, bukan Pemko Batam, agar pertanggungjawaban keuangannya lebih baik. (Antara)

Post a Comment

 
Copyright © 2008 Masjid Raya Batam | Supported by: Ini Bukan Sembarang Bekam